Penguatan Literasi Digital melalui Hybrid Learning di Prodi PGMI

  • Nasrawati Nasrawati Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai
  • Laeli Qadrianti Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai
  • Nurjannah Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai
  • Diarti Andra Ningsih Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai
  • Nurul Islamiah Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Abstract

Pada era revolusi indsutri 4.0 sekarang ini, literasi digital menjadi suatu kebutuhan dan kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap manusia termasuk pendidik ataupun calon pendidik. Penguatan literasi digital melalui hybrid learning menjadi gerbang utama pembawa perubahan dalam proses pembelajaran. Berdasar pada hal ini para dosen dan mahasiswa Program Studi PGMI melakukan proses pembelajaran

melalui hybrid learning agar proses pembelajaran menjadi lebih fleksibel dan tetap terlaksana. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bentuk penguatan literasi digital melalui hybrid leraning pada Prodi PGMI. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Fenomenologi  dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan cara peneliti terlibat langsung dalam pengamatan terkait penguatan literasi digital melalui hybrid leraning pada prodi PGMI. Metode pengumpulan data dan informasi yang peneliti gunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menurut teori Miles dan Huberman yang meliputi beberapa tahap yaitu tahap reduksi data, tahap display atau penyajian data, serta tahap penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini menujukkan  bahwa telah dilakukan penguatan literasi digital melalui hybrid learning pada prodi PGMI. Melalui hybrid learning diharapkan literasi digital mahasiswa maupun dosen di prodi PGMI dapat terus berkembang karena di era revolusi digital seperti sekarang ini kita dituntut untuk melek teknologi yaitu harus mampu mengikuti arus perkembangan zaman dimana perkembangan teknologi yang semakin canggih dapat membantu dan mempermudah semua proses dalam dunia pendidikan itu sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, R. (2021). Abstrak. 14, 17–25.

Anggraeni, H., Fauziyah, Y., & Fahyuni, E. F. (2019). Penguatan Blended Learning Berbasis Literasi

Digital Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Al Idrah: Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 190–203.

Anwar, I., Jamal, M. T., Saleem, I., Thoudam, P., Hassan, A., Anwar, I., Saleem, I., Islam, K. M. B., Hussain, S. A., Witcher, B. J., Prananda, M. Y., Wendy, S., Aini, Q., Oktafani, F., Wulandari, L. A., Charina, D., Suyanto, A., Muharam, F., Andhini, N. F., & Alma. (2021). No 主観的健康感を

中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Industry and Higher Education, 3(1), 1689–1699.

Bennett, D., Knight, E., & Rowley, J. (2020). The role of hybrid learning spaces in enhancing higher education students’ employability. British Journal of Educational Technology, 51(4), 1188–1202. https://doi.org/10.1111/bjet.12931

Fitriyani., Mukhlis, S. (2021). Urgensi Penggunaan Digital Literasi dalam Pelaksanaan Pendidikan Dimasa Pandemi: Systematic Literature Review. Jurnal Dikoda, 2(1), 13–20.

Ginting, R. V. B., Arindani, D., Lubis, C. M. W., & Shella, A. P. (2021). Literasi Digital Sebagai Wujud Pemberdayaan Masyarakat Di Era Globalisasi. Jurnal Pasopati, 3(2), 118–122.

http://ejournal2.undip.ac.id/index.php/pasopati

Harmilawati, Qadrianti, L., & Purnama, A. D. (2022). Digital Literacy in English Teaching by Using Cyber Pedagogy Strategy. 9–18.

Kaswar, A. B., & Nurjannah, N. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Interaktif (Mobelin) Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Algoritma Dan Pemrograman. Jurnal Penjaminan Mutu, 7(2), 143–153. https://doi.org/10.25078/jpm.v7i2.2326

Lestari, Syafril, S., Latifah, S., Engkizar, E., Damri, D., Asril, Z., & Yaumas, N. E. (2021). Hybrid learning on problem-solving abiities in physics learning: A literature review. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1796(1). https://doi.org/10.1088/1742-

/1796/1/012021

Pratiwi, N., & Nola, P. (2019). Pengaruh Literasi Digital terhadap Psikologis Anak dan Remaja Nani.

Jurnal IIlmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1–24.

Saputra, A. W. (2019). Literasi Digital Dengan Penggunaan Media Blog Untuk Pembelajaran Membaca

Artikel Pada Siswa Smp. Journal of Chemical Information and Modeling, 5(9), 1689–1699.

Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1200. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.333

Yazid, A. (2018). JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education Vol. 1, No. 1, 2018.

Journal of Research and Thought of Islamic Education, 1(1), 1–21.

Yuni. (2017). Bab iii metoda penelitian 3.1. Bab III Metoda Penelitian, 2014, 1–9.

Published
2022-05-19
How to Cite
Nasrawati, N., Laeli Qadrianti, Nurjannah, Diarti Andra Ningsih, & Nurul Islamiah. (2022). Penguatan Literasi Digital melalui Hybrid Learning di Prodi PGMI . Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1, 27-37. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.834