Penerapan Media Board Game dalam Pembelajaran Terintegratif untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

  • Haruna Nana Harlina Universitas Sawerigading Makassar
  • Muhammad Fajar Universitas Teknologi Sulawesi

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di SD Inpres 3/77 Tungke Kecamatan Bengo Kabupaten Bone yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui Penerapan Media Board Game dalam Pembelajaran Terintegratif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Inpres 3/77 Tungke pada semester genap Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 29 orang yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 21 orang perempuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang diperoleh setelah diberikan tindakan yaitu: Pada siklus I, jumlah siswa yang tuntas dalam belajar adalah sebanyak 12 orang atau sebesar 41,38%,. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas dalam belajar sebaanyak  26 orang atau sebesar 89,66%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dari Siklus I ke Siklus II dari ketuntasan klasikal sebesar 80%. Dari hasil penelitian ini secara umum dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar siswa Kelas V SD Inpres 3/77 Tungke setelah diterapkan media Board Game dalam Pembelajaran Terintegratif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardianti, Yuli. 2015. Peningkatan Prestasi Belajar Siswa dengan Pemanfaatan Media Board Game dalam Pembelajaran Tematik Terintegratif dalam Kurikulum 2013 untuk Mewujudkan Siswa Sekolah Dasar Berprestasi. https://repository.unikama.ac.id/870/

Erlita, Nova Dwi. 2016. Pengembangan Media Board Game garis Bilangan Materi Bilangan Bulat Pada Mata pelajaran Matematika Kelas IV SDN Ngampelsari Candi Sidoarjo.

https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/15187

Habibi, Muhammad Imam. 2012. Pengembangan media board game untuk mata pelajaran IPS kelas IV di SDN 2 Gandusari Trenggalek. Muhammad Imam Habibi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. http://repository.um.ac.id/335/

Harlina Haruna, Nana. 2014. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Pelatihan Strategi Kognitif dalam Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas X AP1 Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 7 Makassar. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

http://eprints.unm.ac.id/1134/

Published
2022-05-19
How to Cite
Nana Harlina, H., & Muhammad Fajar. (2022). Penerapan Media Board Game dalam Pembelajaran Terintegratif untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1, 77-84. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.833