Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Google Classroom pada Mahasiswa Prodi PGMI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap penggunaan google classroom pada prodi PGMI, Sesuai dengan permasalahan yang akan dikaji, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan Metode pengumpulan data yang digunakan untuk menjawab persoalan penelitian ini, yakni metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Data yang ditemukan dianalisis dengan langkah-langkah, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap pemanfaatan google classroom berdampak positif dan negatif, namun secara umum lebih bersifat negatif. Persepsi mahasiswa ini berdasarkan wawasan, pengalaman, asumsi, pandangan yang bersifat evaluatif, spesifik dan relevan serta dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal. Sehingga faktor-faktor tersebut membuat pandangan individu, tidak sama satu sama lain dan akan mempengaruhi individu lain dalam memberikan gambaran pada objek tertentu.
Downloads
References
bdul Bakir Hakim. (2016). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Class Room, dan Edmodo. Jurnal I-Statment, Vol.2(01).
Ali Nurdin.et.al. (2013). Pengantar Ilmu Komunikasi. IAIN Press.
Ariesto Hadi Sutopo. (2012). teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Graha Ilmu.
Deddy Mulyana. (2000). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT. Remaja Rosdakarya.
Hamzah B. Uno. (2009). Teori motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Bumi Aksara.
Imam Gunawan. (2013). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Bumi Aksara.
Miftah Thoha. (2003). Perilaku Organisasi Konsep Dasar Dan Aplikasi. Rajawali Pers.
Nasution. (1996). Metode Penelitian Kualitatif Naturallistik. Sinar Grafika.
Rakhmat Jalaluddin. (2000). Psikologi Komunikasi (PT. Remaja Rosdakarya (ed.)).
Robbins, P. S. (2002). Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi. Edisi Kelima (Edisi Keli). Erlangga.
Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. UNY Press.
Suharman. (2005). Psikologi Kognitif. Srikandi.
Sumaryono. (1993). Hermeneutika Sebuah Metode Filsafat. Kanisius.
Copyright (c) 2022 Hasmiati Hasmiati, Mawaddah Warahma , Nurhasanah, Muhammad Kadir, Andi Fathul Asdar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

11.png)
11.png)
11.png)
2.png)
