Model Pendidikan Karakter Kewirausahaan Terintegrasi di Perguruan Tinggi

  • Tetteng Basti Universitas Negeri Makassar

Abstract

Tujuan studi ini adalah untuk mengkaji gambaran model pendidikan karakter kewirausahan terintegrasi di Perguruan Tinggi. Metode pengumpulan data dalam studi ini adalah studi literatur. Hasil studi literatur ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter kewirausahaan yang terintegrasi merupakan model ideal di terapkan di Perguruan Tinggi. Model ini adalah mengintegrasikan karakter kewirausahaan ke dalam seluruh matakuliah, mengintegrasikan karakter kewirausahan melalui Pendidikan karakter kewirausahaan yang terpadu dalam kegiatan ekstra kurikuler, mengintegrasikan karakter kewirausahaan melalui pengembangan diri mahasiswa, dan mengintegrasikan Pendidikan karakter kewirausahaan ke dalam bahan/buku ajar. Pendidikan ikarater ikewirausahaan iterintegrasi isemacam iini bertujuan iuntuk membentuk ipribadi imahasiswa isecara iutuh i(holistik) idan iwujud dalam ikehidupan isehari-hari. Model pendidikan karakter kewirausahaan ini adalah sejalan idengan ikonsep ikewirausahaan iatau entrepreneurship itu isendiri iyaitu bahwa kewirausahaan bukan ihanya ditujukan kepada seorang pengusaha iatau ibussines iman semata, itetapi juga kesemua iorang idengan ijiwa idan imental entrepreneur. Konstribusi studi ini adalah dapat menjadi acuan dalam pengembangan Pendidikan kewirausahaan di Perguruan Tinggi.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, iS. (2009). Penelitian itindakan ikelas, ifilosofis, imetodologi, idan iimplementasi. iYogyakarta: Cipta imedia iaksara.

Bungin, B. (2011). Penelitian kualitatif. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Fauroni, iR. L., iAhmad, iM., i& iKostradiharto, iA. (2016). PTKI Entrepreneur, Gagasan dan Praktik. Yogyakarta: iKurnia Kalam Semesta.

Ginzberg. (2010). Program ibimbingan ikarier idi isekolah. Jakata: Ghalia Indah.

Graevenitz, V. G., iHarhoff, iD., & iWeber, iR. (2010). The iEffects iof iEntrepreneurship iEducation. Journal iof iEconomic iBehavior iand iOrganization. doi: https://doi.org/10.1016/j.jebo.2010.02.015 i

Koesoema, D. (2007). Pendidikan karakter: mendidikan ianak idi izaman iglobal. iJakarta: Grasindo.

Lickona, T. (2004). The return of character. Educational Leadership, 51(3), 6-11.

Marshall J. C. Caldwell, S. D., & Foster J. (2011). Moral education the character plus way. Journal of Moral Education, 40, 51-72.

Megawangi, R.I(2004). Pendidikanikarakter: Solusiiyangitepatiuntukimembangun bangsa. iJakarta: iStar iEnegry (Kakap).

Meredith, G. G., & Nelson, R. E. (2006). Kewirausahaan: Teori dan praktek. Jakarta: Pustaka Binaman presindo.

Pusat iKurikulum iBalitbang iKemendiknas. (2010). Pengenbangan iPendidikan iKewirausahaan; iBahan ipelatihan i ipenguatan imetodologi ipembelajaran iberdasarkan inilai-nilai ibudaya iuntuk imembentuk idaya isaing idan ikarakter ibangsa. iJakarta: Pusat iKurikulum iBalitbang iKemendiknas.

Prawirokusumo, iS. (2010). Kewirausahaan idan iManajemen iUsaha iKecil. Yogyakarta: BPFE.

Sudarko dan Tjitropranoto, P. (2018). Telaah perubahan paradigma kewirausahaan dari perspestif inovasi ekonomi dan sosial. Jurnal Ilmiah Respati, 9(2), 1-11. doi: https://doi.org/1052643/jir.v9i2

Soemahamidjaja, S. (1990). Membina Sikap Mental Wirausaha. Jakarta: Gunung ijati.

Scarborough, N. M., & Zimmerer, T. W.i(1996). Enterpreneuship iand imanajemen. New iJersey: Prentice ihall iinternational iInc. I

Stanley, T. J., & Danko, W. D. (2010). The Millionaire Next Door. The Suprising Secrect of America’s Wealthy (electronic edition Published). New York: RosettaBooks LLC.

Usman, H., & Raharjo, N. E. (2012). Model Pendidikan Karakter Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21(2), 140 -147.

Wibowo, A. (2017). Dampak iPendidikan ikewirausahaan ibagi i iMahasiswa. iAsian Journal iof ientrepreneurship iand ifamily ibusiness i(AJEFB), i1(1), 1-14. ISSN: i2581-0685.

Published
2022-05-11
How to Cite
Basti, T. (2022). Model Pendidikan Karakter Kewirausahaan Terintegrasi di Perguruan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1, 7-14. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.824