Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Menyelesaiakn Soal Trigonometri

  • Ahmad Budi Sutrisno Universitas Negeri Makassar
  • Serly Universitas Negeri Makassar
  • Andi Yunarni Yusri Universitas Negeri Makassar
Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, FRISCO, Trigonometri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam menyelesaikan soal trigonometri berdasarkan indikator Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity, Overview (FRISCO). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi kualitatif. Subjek penelitian terhadap 6 mahasiswa pendidikan matematika tahun ajaran 2022/2023 di STKIP Andi Matappa. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen tes dan wawancara. Triangulasi dalam pengecekan data menggunakan triangulasi waktu dan sumber. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa subjek EA pada soal nomor 1 berdasarkan tabel kriteria kemampuan berpikir kritis masuk pada kateogi sedang. Pada soal nomor 2, 3, 4 dan 5 berada pada kategori tinggi. Subjek MM pada soal nomor 1 berdasarkan tabel kriteria kemampuan berpikir kritis masuk pada kategori sedang. Pada soal nomor  3 masuk pada kategori sedang. Pada soal nomor 2, 4 dan 5 masuk pada kategori tinggi. Subjek NR pada soal nomor 1 dan 2 berdasarkan tabel kriteria kamampuan berpikir kritis masuk pada kategori sedang. Pada soal nomor 3 masuk pada kategori tinggi. Pada soal nomor 4 dan 5 masuk pada kategori sedang. Subjek MW pada soal nomor 1,2, 3 dan 4 berdasarkan tabel kriteria kemampuan berpikir kritis masuk pada kategori sedang. Pada soal nomor 5 masuk pada kategori tinggi. Subjek SY pada soal nomor 1 berdasarkan tabel kriteria kemampuan berpikir kritis masuk pada ketegori sedang. Pada soal nomor 2,3,4 dan 5 masuk pada kategori rendah. Subjek AE pada soal nomor 1 berdasarkan tabel kriteria kemampuan berpikir kritis masuk pada kategori sedang. Pada soal nomor 2,3 dan 5 masuk pada kategori rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apiati, V., & Hermanto, R. 2020. Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematik Berdasarkan Gaya Belajar.

Nurhikmayati, I., & Jatisunda, M. G. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Scientific yang Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 49–60.

Larsson, Kristoffer. 2017. “Understanding and Teaching Critical Thinking — A New Approach.” International Journal of Educational Research 84(December 2016): 32–42.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika (3rd ed.). PT Refika Aditama.

Mahardiningrum, A. S. (2018). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Pangudi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1),75-84.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfa Beta.

Wicaksono, B. D., & Prihatnani, E. (2019). Profil Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Ditinjau dari Tingkat Kepercayaan Diri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 71–82.

Aminah, S. (2020). The Use Of Code-Switching in English Foreign Language Classroom of SMKN 2 Sinjai (Penggunaan Alih Kode Pada Kelas Bahasa Inggris Di SMK Negeri 2 Sinjai). JLE: Journal of Literate of English Education Study Program, 1(01), 26-36.

Published
2023-05-27
How to Cite
Ahmad Budi Sutrisno, Serly, & Andi Yunarni Yusri. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Menyelesaiakn Soal Trigonometri. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 2, 120-127. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v2i0.2627